Sabtu, 22 November 2014

Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari-hari


Gambar. Ilustrasi Perkembangan Sistem Informasi


Disini saya akan menjelaskan dahulu pengertian pada sistem dan informasi kemudian membahas tentang pengalaman menggunakan sistem informasi di kehidupan sehari-hari baik untuk keperluan kuliah atau pribadi.
Sistem merupakan suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling bergantung dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan utama organisasi. Sedangkan informasi menurut George R Terry, Ph. D. adalah data yang penting yang memberikan informasi yang berguna. Atau Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang berarti bagi penerima untuk dapat di implementasikan.
Selanjutnya saya akan membahas tentang beberapa pengalaman menggunakan sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam keperluan kuliah atau pribadi sesuai dengan perkembangan sistem informasi yang ada, seperti:

  •  Sistem layanan/informasi akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester. Dengan adanya layanan sistem informasi ini, sangat memudahkan mahasiswa dalam setiap kepentingannya, ketika mengisi KRS kita tidak harus berangkat ke kampus hanya untuk mengisi KRS saja. Kita sudah bisa mengakses lewat internet sehingga bisa di akses dimana saja sekalipun kita sedang berada di luar kota. Semua informasi bisa kita dapatkan disini, mulai dari rekap nilai kita dalam setiap semester, kemudian pendaftaran-pendaftaran seperti KKN, wisuda, dll.
  • Sistem pemesanan tiket secara online, misalnya pemesanan tiket kereta atau pesawat. Melalui sistem informasi ini kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket, kita cukup buka internet kemudian melakukan transaksi untuk pembelian atau pemesanan tiket yang kita perlukan, sehingga menghemat waktu juga hemat tenaga dan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket.
  • Sistem SMS Banking dan Internet Banking, SMS Banking adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service). SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening,pembayaran (kartu kredit), dan pembelian (pulsa isi ulang). Biasanya kita harus ke Bank atau ATM untuk meregistrasi sistem ini. Kemudian Internet Banking, yaitu transaksi keuangan yang dapat dilakukan hanya dengan komputer dengan memanfaatkan koneksi internet. Transaksi yang dapat dilakukan sama halnya dengan SMS Banking. Biasanya diSmartphone sudah tersedia aplikasi layanan tersebut.
  • Video Call, dengan sistem ini komunikasi kita dengan kerabat, teman, atau siapa saja menjadi lebih mudah baik itu yang di luar negeri sekalipun, kita dapat melakukan Video Call dengan menggunakan aplikasi seperti SKYPE, IM Messengger, Smartphone, dll dengan koneksi internet atau pulsa.
 
Seiring perkembangan zaman banyak sekali sistem informasi yang dapat kita nikmati saat ini yang membantu atau memudahkan kita dalam beberapa hal, baik itu untuk keperluan kuliah atau keperluan pribadi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar